Translate

Kamis, 24 Oktober 2013

FUNGSI HARDWARE





Ø CPU (Central Processor Unit)
Perangkat pengolah atau pemroses data dalam komputer adalah prosesor atau lengkapnya adalah mikroprosesor, namun umumnya pengguna komputer menyebutnya sebagai CPU (Central Processor Unit). CPU merupakan otak bagi sebuah system komputer.
Tugas CPU adalah melaksanakan dan mengawal keseluruhan operasi komputer sehingga bisa dikatakan hampir keseluruhan pemikiran dilaksanakan disini, sehingga sering dinamakan sebagai otak komputer. CPU Tempatnya terletak pada papan induk (motherboard) pada bagian inilah juga terletak segala pusat perangkat komputer seperti memori, port input –output (I/O) dan sebagainya.
Ø Memory / RAM
Random access memory, RAM adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Pengertian lain : RAM (Random-Acces Memory) merupakan salah satu jenis memory internal yang menentukan kemampuan sebuah komputer. Komponen ini berfungsi sebagai pengingat.
Ø Motherboard
Motherboard merupakan tempat untuk meletakan komponen-komponen yang berfungsi pada komputer. Di antaranya adalah mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen komputer. Motherboard juga mengatur semua jalannya proses, mulai dari penyimpanan data seperti Hardisk, CD-ROM, keyboard, mouse dan printer.
Selain itu fungsi motherboard juga untuk menghubungkan semua komponen komputer yang terpasang. Maksudnya motherboard sebagai pusat pengendali semua komponen komputer agar semua komponen komputer dapat terhubung satu dengan yang lainnya.
Ø Hard Disk Drive
Hard Disk Drive atau yang biasa disebut dengan hardisk  berfungsi sebagai media penyimpan data dalam computer yang bersifat permanen selama HDD tersebut tidak rusak, baik berupa data umum ataupun data system itu sendiri seperti windows, linux, macintos dll.
Ø Network Card
Merupakan penghubung PC dengan jaringan, sehingga memungkinkan komputer anda untuk terkoneksi ke sebuah jaringan komputer. Bentuk yang paling umum dari NIC adalah ethernet - metode yang sangat cepat dalam mentransfer data antara komputer. NIC memungkinkan sebuah komputer untuk memberi dan mengambil informasi dari komputer lain yang ada di jaringan yang sama - dapat Internet ataupun Local Area Network (LAN).
Fungsi utama dari NIC adalah mengijinkan komputer untuk berkomunikasidalam network. Ia melakukan hal ini dengan mengirim/menerima danmengontrol traffic dengan komputer atau peralatan lain yang ada pada network.

Ø Graphic
Kartu VGA (VGA Card) atau sering disebut VGA saja, singkatan dari Video Graphics Adapter, adalah salah satu komponen komputer yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafik di layar monitor. Dengan kata lain, kartu VGA berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke tampilan monitor. VGA Card sering juga disebut Card display atau kartu grafis.
Nah, agar kartu grafis bisa bekerja, diperlukan driver atau supir untuk menjalankannya. Supir itulah yang disebut dengan driver grafis. Agar kartu grafis ini bekerja dengan baik, drivernya harus dalam keadaan baik pula (harus selalu baru atau up-to-date). Coba bayangkan kalau sebuah bus dengan supir yang sinting. Pasti akan sering kecelakaan. Inilah yang akan dialami grafik pada komputer kita. Kecelakaan pada komputer sering disebut dengan bahasa keren Error, Crash, Freez atau Hang yang bisa terjadi pada saat kita menjalankan program apa pun.
Ø Peripheral
Peripheral ini bertugas membantu komputer menyelesaikan tugas yang tidak dapat dilakukan oleh hardware yang sudah terpasang didalam casing.
1.     Peripheral utama (main peripheral)
Yaitu peralatan yang harus ada dalam mengoperasikan komputer.
Contoh periferal utama yaitu: monitor, keyboard dan mouse.
     2.  Peripheral pendukung (auxillary peripheral)
Yaitu peralatan yang tidak mesti ada dalam mengoperasikan komputer tetapi diperlukan untuk kegiatan tertentu.
Contohnya yaitu: printer, scanner, modem, web cam dan lain-lain.
Sedangkan berdasarkan proses kerjanya dalam mendukung pengoperasian komputer terbagi menjadi:
a.       Perangkat masukan (input)
Adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer. Perangkat tersebut antara lain keyboard, mouse, scanner, digitizer, kamera digital, microphone, dan periferal lainnya
b.        Perangkat keluaran (output)
Adalah peralatan yang kita gunakan untuk menampilkan hasil pengolahan data atau perintah yang dilakukan oleh komputer. Perangkat tersebut antara lain monitor, printer, plotter, speaker, dan lain lainnya.


Sekian yang dapat saya bagikan.... (^_^)
Semoga bermanfaat (^_^)




1 komentar:

  1. DonacoPoker Agen Poker Online Terbaik

    DonacoPoker memberikan kesempatan kepada anda untuk menikmati segala kemudahan dan kenyamanan bermain yang tidak bisa Anda dapatkan disitus-situs lainnya. Seperti :
    1. Deposit via OVO
    2. Pelayanan yang sangat memuaskan
    3. Mau withdraw berapa pun pasti dibayarkan
    4. Menyediakan 7 permainan dalam 1 user ID
    5. Banyak Promo menarik
    Nah, cukup banyak kan keuntungan yang anda dapat kan. Jadi tunggu apalagi, segera bergaubung bersama kami yuk :
    WHATSAPP : +6281333555662
    atau langsung di Livechat kami www(titik)donacopk(titik)com

    >>>DAFTAR<<<

    Agen Judi Poker

    BalasHapus